TIDAK TAHU-BERBAHAYA!

 

Bacaan : Hosea 4:1-6

Setahun : Amsal 1-4

Nats : Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah (Hosea 4:6)

 

Belasan tahun mengidap asma dan sinusitis membuat saya lebih banyak bernapas dengan mulut daripada dengan hidung. Saya mengira itu wajar, sampai saya membaca sebuah buku tentang pengobatan asma yang menyatakan bahwa bernapas dengan mulut tidak baik bagi penderita asma! Bernafas dengan hidung membuat 98% udara yang masuk ke paru-paru sudah disaring dan menjadi lembap. Sedang bernapas melalui mulut membuat udara tidak dibersihkan lebih dulu, sehingga udara masuk ke paru-paru sebagai udara yang dingin, kering, dan berdebu. Ketidaktahuan saya ternyata membahayakan kesehatan saya.

 

Ketidaktahuan, kurangnya pengenalan, bisa berbahaya. Demikian pula yang terjadi pada masa Nabi Hosea. Bangsa Israel menyimpang dari jalan Tuhan. Tidak memiliki tiga hal yang membuat Tuhan marah; tidak punya kesetiaan, kasih, dan pengenalan akan Tuhan (ayat 1). Bahkan para imam tidak mau mengenal Allah, menolak pengenalan akan Allah, dan melupakan firman Allah (ayat 6). Dan, itulah yang membuat Tuhan murka dan Israel binasa.

 

Sangat salah jika kita berpikir, "Saya tidak mau banyak belajar. Nanti jika saya sudah tahu tetapi tidak melakukannya, saya dihukum Tuhan." Jangan berpikir bahwa jika kita tak tahu, maka kita luput dari hukuman. Justru ketidaktahuan kita akan membawa pada bencana. Sebaliknya, pengenalan akan Tuhan dan hukum-hukum-Nya membuat kita semakin hari semakin mengasihi dan serupa dengan-Nya.

 

Terus kenali Allah lewat membaca Alkitab, literatur rohani, mendengarkan khotbah, dan berbagai sumber lain. Setelah itu, terapkan setiap hal yang kita "tahu" itu dalam hidup setiap hari --GS

 

BELAJAR SEMAKIN BANYAK FIRMAN TUHAN

MEMBUAT KITA SEMAKIN TAHU MAUNYA TUHAN

________________________________________

 Hosea 4:1-6

1Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini. 2 Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah. 3 Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap. 4 Hanya janganlah ada orang mengadu, dan janganlah ada orang menegor, sebab terhadap engkaulah pengaduan-Ku itu, hai imam! 5 Engkau akan tergelincir jatuh pada siang hari, juga nabi akan tergelincir jatuh bersama-sama engkau pada malam hari; dan Aku akan membinasakan ibumu. 6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lakukan Spam - Haram Hukumnya...

Categories

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages