"Kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu"

(1Kor 8:1b-7,11-13; Luk 6:27-38)

 

"Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosa pun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian."(Luk 6:27-33), demikian kutipan Warta Gembira hari ini.

 

Berrefleksi atas bacaan-bacaan hari ini saya sampaikan catatan-catatan sederhana sebagai berikut:

·   Kebencian dan balas dendam masih marak di sana-sini dalam kehidupan bersama, entah dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, beragama maupun dalam bekerja. Sekali lagi saya angkat disini bahwa masing-masing dari kita pasti memiliki 'musuh' atau 'ada orang membenci atau mengutuk' kita. "Musuh" yang saya maksudkan di sini adalah segala sesuatu yang tidak sesuai dengan selera pribadi kita atau tidak kita senangi/sukai, entah itu orang, suasana, iklim, lingkungan hidup, tugas, pekerjaan, makanan atau minuman dst.., apalagi jika kita bermotto "like" dan "dislike" dalam kehidupan kiranya kita memiliki banyak 'musuh'. "Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yang mencaci kamu", demikian sabda Yesus. Enak atau tidak enak, nikmat atau tidak nikmat hemat saya hanya sesaat saja, apa yang kita lakukan dalam sesaat tersebut akan sangat berpengaruh dalam hidup kita. Sebagai contoh adalah 'makanan atau minuman': yang sehat belum tentu enak dan nikmat; enak dan nikmat dalam hal makanan dan minuman hanya terjadi sesaat di lidah, jika kita berani mengasihi yang tidak enak dan tidak nikmat alias menyantap dan menikmatinya maka kita akan sehat. Kalau perlu langsung telan saja seperti 'makan atau minum obat', karena Allah telah menganugerahkan alat atau mesin pencernaan yang luar biasa untuk mengolahnya demi kesehatan tubuh kita. Hemat saya jika orang mengalami kesulitan dalam 'mengasihi atau menikmati makanan dan minuman', maka yang bersangkutan pasti dengan mudah untuk memusuhi dan membenci siapapun atau apapun yang tidak sesuai dengan selera pribadi. Maka salah satu latihan yang baik dan mudah untuk menghayati sabda Yesus hari ini kiranya membiasakan diri untuk mengasihi atau menikmati aneka makanan dan minuman yang sehat meskipun tidak enak atau tidak nikmat. Hendaknya anak-anak sedini mungkin dilatih atau dibiasakan untuk mengasihi dan menikmati makanan dan minuman yang sehat meskipun tidak enak dan tidak nikmat.

·   "Jika ada seorang menyangka, bahwa ia mempunyai sesuatu "pengetahuan", maka ia belum juga mencapai pengetahuan, sebagaimana yang harus dicapainya. Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah. Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa." (1Kor 8:2-4), demikian peringatan atau nasihat Paulus kepada umat di Korintus, kepada kita semua. Apa atau segala sesuatu yang ada di dunia adalah ciptaan Allah dan manusia adalah ciptaan Allah yang termulia dan terluhur di dunia ini, karena diciptakan sesuai dengan gambar atau citra Allah. Ciptaan-ciptaan lain di dunia diciptakan untuk manusia dalam mengejar tujuan ia diciptakan yaitu 'keselamatan jiwanya'. Maka hendaknya jangan menagung-agungkan harta benda, uang, kekayaan, pangkat, kedudukan, pengetahuan dan keterampilan dll yang ada di dunia ini melebihi manusia alias menjadikannya 'berhala-berhala'. "Harta benda, uang dst.." adalah 'jalan ke sorga atau ke neraka': akan menjadi jalan ke sorga jika kita memfungsikan atau memanfaatkan sebagai sarana dan akan menjadi jalan ke neraka jika kita memmfungsikan atau memanfaatkan sebagai 'berhala'. Orang yang bersikap mental materialistis atau bisnis pada umumnya kurang atau tidak beriman, maka ketika 'harta benda, uang, kekayaan dst..' berkurang atau hilang mereka pasti akan sakit hati/marah-marah, sakit jiwa/gila, sakit akal budi/hidup ngawur dan kiranya juga sakit tubuhnya. Hidup kita dan segala sesuatu yang menyertai kita atau kita miliki dan kuasai saat ini adalah anugerah Allah, yang kita terima karena kemurahan hatiNya secara cuma-cuma, maka baiklah kita hidup penuh syukur dan terima kasih dalam keadaan atau situasi apapun, dimanapun dan kapanpun.

 

"Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat..  Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!"(Mzm 139:13-14b.23-24)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lakukan Spam - Haram Hukumnya...

Categories

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages