Kisah Seekor Kupu-Kupu

Pada suatu hari seseorang menemukan kepompong seekor kupu-kupu di halaman belakang rumahnya dengan sebuah lubang kecil yang muncul di permukaan kepompong tersebut. Orang itu pun duduk sambil terus mengamati kepompong dan kupu-kupu tersebut, terutama ketika kupu-kupu itu berjuang keras dengan memaksa dirinya melewati lubang kecil itu selama saat lamanya. Akhirnya, si kupu-kupu itu pun menghentikan usahanya. Sepertinya dia mulai menyerah. Dia telah berusaha sedemikian keras dan kini dia tidak bisa berjuang lebih jauh lagi.

Tergerak dengan kebaikan hatinya, orang tersebut membuat sebuah keputusan untuk membantu si kupu-kupu. Diambilnya sebuah gunting dan mulailah dia menggunting sisa cangkang kepompong itu. Kupu-kupu pun kemudian keluar dengan mudahnya. Namun hal yang tidak disangka-sangkanya pun terjadi. Kupu-kupu itu memang keluar dengan mudahnya, tetapi dengan tubuh yang menggembung dan kedua sayap mengerut. Orang ini terus mengamati keadaan si kupu-kupu dengan seksama sambil terus berharap bahwa seiring waktu, kedua belah sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuh si kupu-kupu.

Apa daya semuanya itu tidak pernah terjadi. Sebab pada kenyataannya si kupu-kupu tadi menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di tanah. Tubuhnya yang gembung dan sayap-sayapnya yang tetap mengkerut, membuatnya terlalu berat untuk mampu terbang. Ya, kupu-kupu itu tidak pernah bisa terbang selama hidupnya.

Di balik kebaikan hati orang tadi dan inisitifnya untuk membantu kupu-kupu tersebut sesungguhnya ada satu hal yang tidak dipahaminya. Memang tidak salah memberi bantuan. Hanya saja lubang kecil di kepompong tersebut sesungguhnya adalah JALAN TUHAN. Sebab lubang yang menghambat dan mengakibatkan kupu-kupu tadi berjuang sangat keras untuk melaluinya itu, memiliki tujuan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu ke dalam sayap-sayapnya. Hingga dia akan siap terbang dengan bebas, manakala tiba waktunya kepompong tersebut tidak lagi mampu membungkus tubuhnya.

Sama halnya dengan kita. Kadangkala perjuangan yang kita perlukan dalam hidup kita ini diperlukan untuk menumbuhkembangkan diri kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan, hal ini mungkin justru melumpuhkan kita. Sebab kita mungkin tidak sekuat yang semestinya kita mampu dan karenanya kita tidak bisa pernah benar-benar dapat terbang untuk meraih hal-hal yang kita impikan.

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lakukan Spam - Haram Hukumnya...

Categories

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages