PENYELUNDUP HEBAT

 

 

Bacaan : Keluaran 2:1-10

Setahun : Amsal 17-20

Nats : Orang fasik lari, walaupun tidak ada yang mengejarnya, tetapi orang benar merasa aman seperti singa muda (Amsal 28:1)

 

John Lie, pejuang kemerdekaan dari Manado, terkenal karena tindakannya menjual karet mentah dan membeli senjata di Thailand untuk mendukung perlawanan tentara Indonesia terhadap Belanda. Laksamana Muda ini melakukan paling tidak lima belas penyelundupan antara 1947 dan 1949. Suatu malam, perahunya terlihat oleh kapal perang Belanda, dan sepertinya kali ini mereka tidak mungkin melarikan diri dari musuh. Ia mengumpulkan awak kapal, membuka Alkitab, membacanya, dan berdoa. Ajaib, mereka berhasil lolos! Peristiwa itu membuat wartawan asing menjulukinya sebagai "penyelundup hebat yang membawa Alkitab."

 

Ibu Musa juga penyelundup hebat. Ia tahu, ia akan melanggar hukum Tuhan jika membunuh bayinya. Ia memilih satu-satunya alternatif yang tersedia: menyembunyikan Musa kecil. Kemudian, setelah tak mungkin menyembunyikannya lebih lama, ia memasukkan Musa ke dalam peti pandan dan menghanyutkannya ke sungai Nil (ayat 3). Tuhan memakai tindakannya yang penuh keberanian itu untuk membawa Musa, sosok yang dipilih Tuhan sebagai pembebas Israel, ke dalam istana Firaun.

 

Orang benar, kata Salomo, merasa aman seperti singa muda. Menurut Strong\'s Concordance, kata bahasa Ibrani untuk "aman" adalah Batach, yang juga dapat diterjemahkan "berani, penuh keyakinan". Keberanian sejati muncul jika kita mengembangkan kebiasaan bersikap dan bertindak sejalan dengan kebenaran firman Tuhan. Saat Anda merasa dikepung musuh, dipaksa untuk bertindak jahat, atau diperhadapkan pada dilema yang pelik, Anda dapat mengambil keputusan yang tidak melanggar prinsip-prinsip iman. Itulah keberanian! --ARS

 

KEBENARAN MEMBANGKITKAN KEYAKINAN

_______________________________________

Keluaran 2:1-10

1 Seorang laki-laki dari keluarga Lewi kawin dengan seorang perempuan Lewi; 2 lalu mengandunglah ia dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik, disembunyikannya tiga bulan lamanya. 3 Tetapi ia tidak dapat menyembunyikannya lebih lama lagi, sebab itu diambilnya sebuah peti pandan, dipakalnya dengan gala-gala dan ter, diletakkannya bayi itu di dalamnya dan ditaruhnya peti itu di tengah-tengah teberau di tepi sungai Nil; 4 kakaknya perempuan berdiri di tempat yang agak jauh untuk melihat, apakah yang akan terjadi dengan dia. 5 Maka datanglah puteri Firaun untuk mandi di sungai Nil, sedang dayang-dayangnya berjalan-jalan di tepi sungai Nil, lalu terlihatlah olehnya peti yang di tengah-tengah teberau itu, maka disuruhnya hambanya perempuan untuk mengambilnya. 6 Ketika dibukanya, dilihatnya bayi itu, dan tampaklah anak itu menangis, sehingga belas kasihanlah ia kepadanya dan berkata: "Tentulah ini bayi orang Ibrani." 7 Lalu bertanyalah kakak anak itu kepada puteri Firaun: "Akan kupanggilkah bagi tuan puteri seorang inang penyusu dari perempuan Ibrani untuk menyusukan bayi itu bagi tuan puteri?" 8 Sahut puteri Firaun kepadanya: "Baiklah." Lalu pergilah gadis itu memanggil ibu bayi itu. 9 Maka berkatalah puteri Firaun kepada ibu itu: "Bawalah bayi ini dan susukanlah dia bagiku, maka aku akan memberi upah kepadamu." Kemudian perempuan itu mengambil bayi itu dan menyusuinya. 10 Ketika anak itu telah besar, dibawanyalah kepada puteri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya, dan menamainya Musa, sebab katanya: "Karena aku telah menariknya dari air."

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lakukan Spam - Haram Hukumnya...

Categories

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages