Cara Membarkati Orang yang menyakiti Anda

Roma 12:20 – Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

Malam itu, Susan mendengar salah satu stasiun radio rohani. Saat itu acara penyampaian firman oleh seorang hamba Tuhan. Tidak tahu mengapa tema kotbahnya tentang “Mengampuni”
“Walah, kok pas yo…pas jengkel, kotbahnya tentang mengampuni”, Susan berucap dalam hatinya.
griya pemulihan yogyakarta
Susan sedang jengkel banget sama teman sekolahnya. Sikap, ucapan dan perbuatan temannya sudah menyakiti hatinya. Seperti tertusuk-tusuk….(lebay.com ).

Setelah mendengar kotbah hamba Tuhan itu, dia berkomentar “Enak aja tuh orang bilang ngampuni, memberkati….dia ga ngerasain sih…sakit banget…”, Susan mulai meneteskan air matanya.
Saat Susan lengah, Iblis mulai mengintimidasi “Iya, tuh orang kurang ajar banget. Ga pates dimaafkan….Dia salah, kamu yang benar…..”

Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti itu?

Apa yang Anda lakukan?

Terus membaca…

Cara Mengatasi sakit Hati
1.     Curhat kepada Tuhan
griya pemulihan - curhatDalam beberapa kitab di Alkitab, tokoh-tokoh Alkitab saat mengalami masalah mereka berkeluh kesah (curhat) kepada Tuhan. (Maz 35, 39; Ams 23:29, 29:2; Ratapan 1; Yehezkiel 9:4; Mikha 1:8).
Jika Anda curhat kepada teman, Hati-Hati. Anda bisa tambah sakit hati. Mengapa? Karena teman Anda malah mengompori, sehingga Anda menjadi lebih marah. Contohnya, setelah Anda curhat teman Anda mengatakan “Iya, tuh orang memang seperti itu nyebelin banget….si A dan B aja pernah di buat marah. Apa lagi kamu! Cuekin aja, biar tahu RASA!”
Jika Anda mempunyai teman seperti ini, lebih baik di hindari. Tidak membangun pribadi Anda.

Griya pemulihan - berdoaSaat curhat sama Tuhan, belajarlah jujur. Tidak usah sok rohani. Tuhan mengetahui isi hati Anda.
Ucapkan “Tuhan saya merasa jengkel, marah, benci sama si A” atau “Tuhan meskipun saya merasa marah, jengkel, benci sama si A karena sikap, dll….”

Lihat lagi pola kalimat di atas. Ada kata “Merasa” kata sederhana membantu mengubah mind set Anda. Bahwa yang lagi ada masalah adalah perasaan Anda, bukan pribadi Anda.

2.     Ambil Keputusan untuk Mengampuni
Setelah Anda mengucapkan keluh kesah Anda seperti di atas, Anda sebaiknya mengambil keputusan untuk memaafkan. Bagaiman caranya?
Gunakan kata “Tetapi”
Contoh : Tuhan saya merasa jengkel, marah, benci sama si A, tetapi saya memutuskan untuk memaafkan si A, saya memberkati si A…..
Baca kalimat di atas dan Anda bisa merasakan sesuatu yang berbeda.

Kalimat di atas di gunakan oleh Simon saat di perintahkan oleh Yesus untuk menebar jala kembali setelah semalaman tidak mendapat seekor ikan.
Lukas 5:5 – Simon menjawab: “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

Secara logika, Simon lebih ahli dari Yesus, karena Yesus seorang tukang kayu. Tetapi Simon mau merendahkan diri dan mengikuti yang Yesus minta – Terjadi Mujizat

Yup, cukup dua cara di atas untuk dapat memberkati orang yang sudah menyakiti Anda. Jika belum bisa teratasi, Anda perlu lahir baru. Untuk mematikan kedagingan. Bagaimana caranya? Datang ke “School of Holly Spirit” – Anda pasti menemukan jawabnya

Apa sih, manfaat memaafkan dan memberkati orang yang Anda benci?
1.     Anda lebih sehat, karena tidak ada akar pahit. Hasil penelitan menunjukkan bahwa 80% sakit fisik terjadi karena pengaruh psikologi (salah satunya sakit hati).
Beberapa hamba Tuhan bersaksi, saat mendoakan orang yang menderita penyakit kanker, Tuhan memberi hikmat supaya penderita memaafkan seseorang. Setelah memaafkan orang tersebut, sakit kankernya sembuh…
2.     Anda akan hidup dalam terang
1 Yoh 2:9 – Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.
1 Yoh 2:11 – Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
Jika saat ini Anda teringat seseorang yang belum Anda maafkan atau Anda benci, segera ambil keputusan untuk memaafkan mereka
3.     Anda Diampuni oleh Tuhan
Ingat Doa Bapa Kami ? Mat 6 : 12 – dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
griya pemulihan - mengampuni
Bayangkan Anda merasakan dan menikmati semua manfaat dari memaafkan dan memberkati tersebut.
Saat ini, niatkan dan ijinkan diri Anda mengambil keputusan untuk memaafkan dan memberkati orang yang sudah menyakiti Anda. Itulah yang membedakan Anda dengan orang dunia.

Tuhan memberkati – IW
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lakukan Spam - Haram Hukumnya...

Categories

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages